RINCIAN BISNIS WIMAX, INTERNET

WiMax hanya sekedar perangkat teknologi saja untuk mengalirkan internet ke pelanggan akhir. Yang menjadi agenda utama untuk meningkatkan penetrasi internet adalah skema pembangunan infrastruktur backbone nasional maupun internasional.

Wimax itu hanya teknologinya saja tetapi yang diupayakan itu adalah penurunan tarif internet dengan mengupayakan infrastruktur backbone internasional. Dengan bertambahnya backbone internasional, diharapkan mampu menurunkan tarif internet secara signifikan. Backbone internasional memiliki kontribusi 40% dalam struktur penarifan internet di Tanah Air. Perhitungan berapa penurunannya belum bisa dipastikan jika nantinya bisa memenuhi kebutuhan sambungan internet internasioanal melalui backbone internasional. Tapi pastinya penurunan akan signifikan tandasnya.

Biaya sambungan untuk koneksi internet internasional per 1 Mbps seharga Rp.20.000.000 maka tarif yang ideal untuk backbone internasional, sebesar RP.8000.000
Di lain pihak, penurunan tarif internet dipastikan akan memicu peningkatan bisnis internet di Indonesia.

Saya memprediksi, dengan angka 2,5 juta yang terdaftar berlangganan internet saat ini saja, potensi bisnis yang bisa dihasilkan sebesar Rp2,5 triliun.

Itu pun sekedar asumsi paling kecil saja dengan ARPU (rata-rata belanja pelanggan per bulan) sebesar Rp 100 ribu. Potensi bisnis internet pun bisa melonjak karena angka penggunanya saat ini bisa 10 kali lipat dari yang terdaftar atau 25 juta pengguna maka dari itu semua internetan makin meningkat daya tenhcnology nasional maupun internasional.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "RINCIAN BISNIS WIMAX, INTERNET"

Posting Komentar