PROPOSAL WIMAX

Pembuatan Wimax berbentuk jaringan maupun wi-fi secara otomatis maupun secara manual, dan tergatung dia dimana lokasinya untuk melakukan pengerjaan yang praktis lewat internet.

Meningkatnya technology Wimax atau wireless dalam berbentuk jarngan nasional maupun internasional maka terjadilah hubungan internet ke internet seluruh jaringan yang ada di indonesia dan bahkan luar negri serta di dunia.

Perkembangan Teknologi Wilmax dan Wireless

Wi Max Standar BWA yang saat ini umum diterima dan secara luas digunakan adalah standar yang dikeluarkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE), seperti standar 802.15 untuk Personal Area Network (PAN), 802.11 untuk jaringan Wireless Fidelity (WiFi), dan 802.16 untuk jaringan Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX).

Strategi pengembangan layanan broadband wireless dibedakan menjadi Mobile Network Operator (MNO) dan Broadband Provider (BP). Perbandingan beberapa karakteristik sistem wireless data berkecepatan tinggi digambarkan oleh First Boston seperti berikut :

Elemen Perangkat WiMAX

Elemen perangkat WiMAX secara umum terdiri dari BS di sisi pusat dan CPE di sisi pelanggan. Namun demikian masih ada perangkat tambahan seperti antena, kabel dan asesoris lainnya.

1. Base Station (BS)

Komponen BS terdiri dari :

NPU (networking processing unit card)
AU (access unit card)up to 6 +1
PIU (power interface unit) 1+1
AVU (air ventilation unit)
PSU (power supply unit) 3+1

2. Antena

3. Subscriber Station (SS)

Teknologi WiMAX dan Layanannya

WiMax, menggunakan algoritma penjadwalan, maka bila sebuah terminal mendapat garansi untuk memperoleh sejumlah sumber daya (seperti timeslot), maka jaringan nirkabel akan terus memberikan sumber daya ini selama terminal membutuhkannya.

Menggunakan orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM) yang lebih memiliki skalabilitas dibandingkan dengan standar 802.16d yang menggunakan OFDM 256 sub-carriers.

Standar WiMax memberikan koneksi tanpa memerlukan Line of Sight (LOS) dalam situasi tertentu kemampuan mobility dari Mobile WiMAX masih berada dibawah kemampuan teknologi selular.

WiMax adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan standar dan implementasi yang mampu beroperasi berdasarkan jaringan nirkabel IEEE 802.16, seperti WiFi yang beroperasi berdasarkan standar Wireless LAN IEEE802.11. Namun, dalam implementasinya WiMax sangat berbeda dengan WiFi.

Banyaknya institusi yang tertarik atas standar karena standar ini menggunakan frekuensi yang lebih rendah sehingga lebih baik terhadap redaman dan dengan demikian memiliki daya penetrasi yang lebih baik di dalam gedung. Pada saat ini, sudah ada jaringan yang secara komersial menggunakan perangkat WiMax bersertifikasi sesuai dengan standar manfaat dan keuntungan. Tujuan dari proposal ini adalah untuk memberikan pemahaman dimana kita dapat menggunakan kunci teknis konsep di balik WiMAX.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "PROPOSAL WIMAX"

  1. Resna Tazkiyatunnafs says:
    14 Januari 2011 pukul 18.43

    Salam kenal, keep blogging, keep thinking, keep writing... majukan terus dunia blogger Indonesia, saling berkunjung ya...

Posting Komentar