Prinsip-Prinsip Desain UI (HCI_03)

PRINSIP PRINSIP DESAIN UI


Kategori
Learnability
Dukungan untuk pembelajaran bagi pengguna dari semua tingkat
    Fleksibilitas
Dukungan untuk beberapa cara untuk melakukan tugas-tugas
    Kekasaran
Dukungan untuk pemulihan
Selalu berpikir tentang pengecualian, kesesuaian



1. Prinsip Learnability
Kemudahan pengguna baru dapat memulai interaksi efektif dan mencapai kinerja maksimal
    Prediktabilitas
    Synthesizability
    Keakraban
    Generalisasi
    Konsistensi

Prediktabilitas
Saya berpikir bahwa tindakan ini akan melakukan ....


Operasi visibilitas
    Dapat melihat tindakan sia-sia
    e.g. menu vs
    perintah shell
    item menu berwarna abu-abu



Synthesizability
Dukungan untuk pengguna dalam menilai dampak operasi pada masa lalu sistem yang sekarang negara
Memindahkan file di UNIX shell vs Mac / Windows
Umpan sama diperlukan untuk semua pengguna, semua aplikasi?

Keakraban
Apakah tugas UI mendayagunakan dunia nyata atau domain pengetahuan?
Benar-benar relevan dengan kesan pertama
Penggunaan metafora
Perangkap tersembunyi
Apakah ada batasan pada keakraban?

Generalisasi
Dapat pengetahuan dari satu sistem / UI diperluas serupa lain?
Contoh: cut & paste pada aplikasi yang berbeda
Apakah pengetahuan tentang salah satu aspek dari UI berlaku untuk beristirahat dari UI?
Bantuan: UI Developers pedoman

Konsistensi
Kemiripan perilaku antara tugas-tugas serupa / operasi / situasi
Dalam hal-hal yang berbeda
    berinteraksi
    output
    tata letak layar
Apakah ini selalu diharapkan bagi semua sistem, semua user?

Prinsip Fleksibilitas
Banyak cara bahwa sistem pengguna dan bertukar informasi
    Dialog Initiative
    Multithreading
    Tugas migratability
    Substitutivity
    Customizability

Dialog Initiative
Tidak menghambat pengguna dengan menempatkan batasan tentang bagaimana dialog dilakukan
Pengguna pre-emptive
    Pengguna memprakarsai tindakan
    Lebih fleksibel, umumnya lebih diinginkan
Sistem pre-emptive
    Sistem melakukan semua petunjuknya, pengguna merespon
    Kadang-kadang diperlukan

Multithreading
Memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari satu tugas pada satu waktu
Dua jenis
    Concurrent
    Input ke beberapa tugas secara simultan
    Interleaved
    Banyak tugas, tapi masukan ke satu per satu

Tugas migratability
Kemampuan untuk memindahkan tugas kinerja untuk entitas (user atau sistem) yang dapat melakukannya dengan lebih baik
Spell-checking, kontrol keamanan di pabrik
Untuk jenis tugas apa yang harus pengguna memegang kendali?

Substitutivity
Fleksibilitas dalam rincian operasi
    Memungkinkan pengguna untuk memilih metode interaksi yang cocok
    Biarkan cara yang berbeda untuk
    melakukan tindakan, tentukan data, konfigurasi
    Biarkan berbagai cara untuk menyajikan output
    tugas sesuai
    Pengguna

Customizability
By user - kemampuan beradaptasi
    Apakah ini hal yang baik?
Oleh sistem - adaptivity
    Apakah ini hal yang baik?

3. Ketahanan Prinsip
Mendukung pengguna dalam menentukan keberhasilan dan tujuan penilaian
    Observability
    Recoverability
    Responsif
    Task conformance

Observability
Pengguna dapat menentukan keadaan internal sistem dari apa yang merasakan?
Browsability
    Jelajahi saat ini (tanpa mengubahnya)
Reachability
    Menavigasi melalui negara diamati
Kegigihan
    Berapa lama negara diamati bertahan?

Recoverability
Kemampuan untuk mengambil tindakan korektif atas mengakui kesalahan
Kesulitan prosedur pemulihan harus berhubungan dengan kesulitan tugas asli
Maju pemulihan
    Kemampuan untuk memperbaiki ketika kita tidak dapat membatalkan
Backward pemulihan
    Undo sebelumnya error (s)

Responsif
Persepsi pengguna laju komunikasi dengan sistem
Response time
    Waktu untuk sistem untuk menanggapi dalam beberapa cara untuk pengguna tindakan (s)
Persepsi pengguna tidak selalu benar
Konsistensi penting
Respon OK jika pengguna sesuai harapan

Task conformance
Sistem tidak mendukung semua tugas-tugas pengguna ingin tampil di cara-cara yang diharapkan?
Tugas kelengkapan
    Sistem dapat melakukan semua tugas-tugas yang menarik?
Tugas kecukupan
    Pengguna dapat mengerti bagaimana melakukan tugas?
Apakah itu memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan tugas-tugas baru?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Prinsip-Prinsip Desain UI (HCI_03)"

Posting Komentar