Prinsip-Prinsip Desain UI (HCI_03)
PRINSIP PRINSIP DESAIN UI
Kategori
Learnability
Dukungan untuk pembelajaran bagi pengguna dari semua tingkat
- Fleksibilitas
- Kekasaran
Selalu berpikir tentang pengecualian, kesesuaian
1. Prinsip Learnability
Kemudahan pengguna baru dapat memulai interaksi efektif dan mencapai kinerja maksimal
- Prediktabilitas
- Synthesizability
- Keakraban
- Generalisasi
- Konsistensi
Prediktabilitas
Saya berpikir bahwa tindakan ini akan melakukan ....
Operasi visibilitas
- Dapat melihat tindakan sia-sia
- e.g. menu vs
- perintah shell
- item menu berwarna abu-abu
Synthesizability
Dukungan untuk pengguna dalam menilai dampak operasi pada masa lalu sistem yang sekarang negara
Memindahkan file di UNIX shell vs Mac / Windows
Umpan sama diperlukan untuk semua pengguna, semua aplikasi?
Keakraban
Apakah tugas UI mendayagunakan dunia nyata atau domain pengetahuan?
Benar-benar relevan dengan kesan pertama
Penggunaan metafora
Perangkap tersembunyi
Apakah ada batasan pada keakraban?
Generalisasi
Dapat pengetahuan dari satu sistem / UI diperluas serupa lain?
Contoh: cut & paste pada aplikasi yang berbeda
Apakah pengetahuan tentang salah satu aspek dari UI berlaku untuk beristirahat dari UI?
Bantuan: UI Developers pedoman
Konsistensi
Kemiripan perilaku antara tugas-tugas serupa / operasi / situasi
Dalam hal-hal yang berbeda
- berinteraksi
- output
- tata letak layar
Prinsip Fleksibilitas
Banyak cara bahwa sistem pengguna dan bertukar informasi
- Dialog Initiative
- Multithreading
- Tugas migratability
- Substitutivity
- Customizability
Dialog Initiative
Tidak menghambat pengguna dengan menempatkan batasan tentang bagaimana dialog dilakukan
Pengguna pre-emptive
- Pengguna memprakarsai tindakan
- Lebih fleksibel, umumnya lebih diinginkan
- Sistem melakukan semua petunjuknya, pengguna merespon
- Kadang-kadang diperlukan
Multithreading
Memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari satu tugas pada satu waktu
Dua jenis
- Concurrent
- Input ke beberapa tugas secara simultan
- Interleaved
- Banyak tugas, tapi masukan ke satu per satu
Tugas migratability
Kemampuan untuk memindahkan tugas kinerja untuk entitas (user atau sistem) yang dapat melakukannya dengan lebih baik
Spell-checking, kontrol keamanan di pabrik
Untuk jenis tugas apa yang harus pengguna memegang kendali?
Substitutivity
Fleksibilitas dalam rincian operasi
- Memungkinkan pengguna untuk memilih metode interaksi yang cocok
- Biarkan cara yang berbeda untuk
- melakukan tindakan, tentukan data, konfigurasi
- Biarkan berbagai cara untuk menyajikan output
- tugas sesuai
- Pengguna
Customizability
By user - kemampuan beradaptasi
- Apakah ini hal yang baik?
- Apakah ini hal yang baik?
3. Ketahanan Prinsip
Mendukung pengguna dalam menentukan keberhasilan dan tujuan penilaian
- Observability
- Recoverability
- Responsif
- Task conformance
Observability
Pengguna dapat menentukan keadaan internal sistem dari apa yang merasakan?
Browsability
- Jelajahi saat ini (tanpa mengubahnya)
- Menavigasi melalui negara diamati
- Berapa lama negara diamati bertahan?
Recoverability
Kemampuan untuk mengambil tindakan korektif atas mengakui kesalahan
Kesulitan prosedur pemulihan harus berhubungan dengan kesulitan tugas asli
Maju pemulihan
- Kemampuan untuk memperbaiki ketika kita tidak dapat membatalkan
- Undo sebelumnya error (s)
Responsif
Persepsi pengguna laju komunikasi dengan sistem
Response time
- Waktu untuk sistem untuk menanggapi dalam beberapa cara untuk pengguna tindakan (s)
Konsistensi penting
Respon OK jika pengguna sesuai harapan
Task conformance
Sistem tidak mendukung semua tugas-tugas pengguna ingin tampil di cara-cara yang diharapkan?
Tugas kelengkapan
- Sistem dapat melakukan semua tugas-tugas yang menarik?
- Pengguna dapat mengerti bagaimana melakukan tugas?
0 Response to "Prinsip-Prinsip Desain UI (HCI_03)"
Posting Komentar