History HCI

Nama : Rina Yuliana Siagian

Kelas : 3IA07

NPM : 50407731



Riwayat dari HCI

Kunci orang dan peristiwa yang merupakan rangkaian dari paradigma pergeseran adalah di

mana kita memahami darimana anda datang agar dapat membantu banyak untuk mengetahui

apa yang anda jalani. Pengetahuan dari satu area menyiratkan satu penghargaan dari

riwayatnya.

Paradigma

Kerangka teoritis yang utama atau pandangan dunia ilmiah

misalnya, Aristotelian, Newtonian, Einsteinian (relativistic) paradigma di fisika

Memahami riwayat HCI sebagian besar merupakan pemahaman dari satu rangkaian pergeseran

Paradigma.

Tidak semua termasuk dalam “ paradigma ” pergeseran, tetapi anda dapat menggunakan

sebuah ide agar dapat

Pergeseran Paradigma

kartu, tape -> VDU

Mainframe -> PC

Gelas tty -> WIMP penghubung

Perintah -> Manipulasi Langsung

Manipulasi Langsung -> Agen

Visual -> Multimedia

Linier -> Web Gemar

Desktop -> Ada d mana-mana, Bergerak

Pengguna Tunggal -> CSCW

Penggunaan Penuh Arti -> Penggunaan Situasi

Sejarah HCI

Pada tahun 1700-an dan 1800-an orang mulai berpikir tentang komputer digital. Padahal, teknologi baru tersedia di tahun 1940-an dan 1950-an.

Vennevar Bush

Mungkin kita berpikir (1945- Atlantic Monthly) penerbitan telah diperluas jauh di luar kemampuan kita untuk membuat penggunaan sebenarnya dari rekaman.

Bush

Didalilkan alat Memex
-Dapat menyimpan semua rekaman / artikel / komunikasi
-Memory yang besar
-Produk diambil oleh pengindeksan, kata kunci, referensi silang
-Dapat membuat jejak link melalui materi, dll
Dibayangkan sebagai mikrofilm, bukan komputer

J.R. Licklider

Pada tahun 1960 didalilkan hubungan simbiosis manusia-komputer. Pasangan otak manusia dan mesin penghitung berhubungan erat dengan informasi yang merevolusi penanganan komputer.

Tujuan/Visi


Immed

-Waktu terbagi
- alat Elektronik I / O
- Interaktif, sistem waktu nyata
- Penyimpanan informasi berskala besar dan pengambilan

Intermed

@ Gabungan speech recognition, character recognition, pena cahaya pengeditan

Jangka panjang

· Pemahaman bahasa yang masih alami/dasar

· Pengenalan bahasa masih dilakukan oleh user sendiri/adanya kesewenangan dalam pemakaian bahasa

· Pemrograman bersifat hueristik


Pertengahan 1960-an

Komputer mahal bagi individu

Waktu terbagi, peningkatan aksesibilitas,

sistem interaktif,

bukan pekerjaan yang mudah untuk membutuhkan HCI
pengolahan teks, mengedit
email, sistem
file berbagi

Ivan Sutherland


Sketchpad - '63 Tesis Ph.D. di MIT




-Hierarki - gambar & subpictures

-Master gambar dengan contoh (yaitu, OOP)
-Kendala
-Ikon
-Menyalin
-Light pen sebagai perangkat input
- Recursive operasi

Video Display Unit

-Ukuran medium dari kertas
-Sutherland's Sketchpad sebagai sistem tengara
-Komputer digunakan untuk memvisualisasikan dan memanipulasi data

Douglash Engelbart

Landmark sistem / demo:
hierarkis hypertext, multimedia, mouse, high-res layar, jendela, berbagi file, pesan elektronik, CSCW, telekonferensi, ...

Penemu mouse

Alan Kay

Dynabook - Notebook berukuran penuh dengan komputer multimedia dan dapat menyimpan.

Akses komputer pribadi desktop interface

Akses Komputer Pribadi

-Sistem akan lebih kuat agar user lebih mudah untuk menggunakan
-Kecil, mesin kuat yang didedikasikan untuk individu
-Pentingnya jaringan dan waktu berbagi
-Kay's Dynabook, IBM PC

Pada tahun '70-an IBM PC membuat personal computing dengan
-Teks dan perintah berbasis
-Dijual dengan banyak unit

PC-PC Menggunakan GUI

Xerox PARC - 1970a pertengahan
- Alto
prosesor lokal, bitmap layar, mouse
Prekursor GUI modern, jendela, menu, scrollbars

LAN – Ethernet

Xerox Star Pada Tahun 1981-an

-PC komersial pertama yang dirancang untuk "bisnis profesional" metafora desktop, WYSIWYG, konsistensi yang tinggi dan kesederhanaan

-sistem pertama yang didasarkan pada kegunaan rekayasa kertas prototyping dan analisis tentang
kegunaan pengujian dan perbaikan iterative

Star

Kegagalan produk

- $ 15k biaya
-arsitektur tertutup
- kunci kurang berfungsi? (spreadsheet)

Apple Lisa Tahun 1982

-Ide berdasarkan Star

-Lebih mempunyai akses pribadi dibandingkan dengan menggunakan office tools

-Dengan harga $$$

-Jarang adanya kegagalan

Apple Macinthos Thn 1984

-Harga $ 2.500
-Tidak mudah trail/error, lebih pintar/cepat dalam meng-kopi data
-Tampilan baik di setiap panduan
-Aplikasi pihak ke-3
-Grafis berkualitas tinggi dan laser printer

WIMP

-Windows, Icons, Menus, Pointers
-Dapat melakukan beberapa hal secara langsung

-Familiar antarmuka GUI
-Xerox Alto, Star; awal Apel

Metaphor

Semua yang digunakan adalah pemecahan masalah dari batas tertentu seperti menghubungkan komputer dengan aktivitas dunia nyata yang merupakan suatu mekanisme pembelajaran yang efektif seperti Manajemen file pada desktop kantor dan analisa keuangan sebagai spreadsheet.

Ben Shneiderman

Koin-koin akan mengeksplorasi pengertian tentang antarmuka manipulasi langsung
menempati posisi Direktur HCI Lab di Maryland dalam waktu yang lama.

Manipulasi Langsung

Pada tahun 1982 Shneiderman menggambarkan daya tarik berbasis interaksi grafis objek visibilitas,
incremental aksi dan umpan balik yang cepat
, kemampuan untuk balikan mendorong eksplorasi, menggantikan bahasa dengan tindakan, ketepatan sintaksis semua tindakan.
e/g: WYSIWYG, Apple Mac

Multimodality

Mode merupakan sebuah saluran komunikasi manusia bukan hanya indra, misalnya, pidato dan non-speech audio adalah dua mode. Penekanan pada penggunaan simultan beberapa saluran untuk I / O.

Ted Nelson

Komputer dapat membantu orang, bukan hanya bisnis.
Ted Nelson menciptakan istilah hypertext.

Hypertext

Sebuah pemikiran tentang informasi bukan sebagai aliran linier tetapi sebagai node saling berhubungan.
-Bush MEMEX, Nelson's hypertext
-Non-linear struktur browsing
-WWW '93

Nicholas Negroponte

-Tindakan tidak selalu bicara lebih keras daripada kata-kata
-Interface sebagai mediator atau agen
-Bahasa paradigm

Mesin MIT arsitektur AI group pada akhir tahun 1969 sampai awal tahun 1980
ide-idenya berupa:
dinding-ukuran display, video disk, AI pada antarmuka (agen),
pengenalan bahasa, multimedia dengan hypertext.

Bahasa (Agen)

CSCW

Computer-Supported Cooperative Work

-Tidak ada lagi satu user / sistem tunggal
-Micro-aspek sosial sangat penting
-E-mail sebagai kesuksesan menonjol tapi groupware lain masih belum banyak digunakan

Mark Weiser

-Memperkenalkan gagasan tentang "teknologi tenang"
-Di setiap tempat diperbincangkan terntang gagasan itu namun lambat laun surut dikarenakan latar belakang

-CTO dari Xerox PARC

Ubiquity

Orang tidak lagi pengguna perangkat virtual tetapi penghuni virtual, lingkungan komputasi yang kaya
Tidak dapat lagi mengabaikan aspek makro-sosial
Akhir 90-an - PDA, Ves, ...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "History HCI"

Posting Komentar